Pages

Rabu, 16 November 2011

Kulitmu berminyak??


Kulit berminyak merupakan  masalah yang kerap dikeluhkan oleh remaja yang sedang mengalami pubertas. Mengapa? Karena ternyata masa-masa pubertas merupakan saat dimana hormon-hormon di dalam tubuh, terutama hormon reproduksi, mengalami perkembangan dan pertumbuhan yang pesat. Pesatnya perkembangan hormon inilah yang kemudian menimbulkan berbagai masalah yang umunya dihadapi remaja saat pubertas, salah satunya adalah jerawat pada wajah yang disebabkan oleh kulit berminyak. Kulit wajah normalnya memang mengeluarkan pelembab untuk menjaganya dari kekeringan. Namun, apabila sebum (zat yang diproduksi kelenjar minyak) yang diproduksi terlalu banyak, akan menimbulkan kulit berminyak dan kemudian timbulnya jerawat. Produksi sebum berlebihan ini seringnya disebabkan oleh pesatnya perkembangan hormon.


Penyebab kulit berminyak

Biasanya, apabila seseorang sudah melalui masa pubertas, masalah kulit berminyak dan jerawat akan hilang dengan sendirinya. Namun, apabila kulit berminyak ini merupakan jenis kulit yang memang menjadi karakter kulit wajah seseorang, ini biasanya disebabkan oleh gaya hidup yang salah. Aktifnya kelenjar keringat dan kelenjar lemak pada kulit bisa disebabkan oleh konsumsi makanan berminyak, kurangnya olahraga, istirahat yang tidak teratur, kurang makanan yang mengandung vitamin C, dan stress. Gaya hidup tidak terkontrol seperti inilah yang biasanya menyebabkan kulit berminyak dan berjerawat. Kulit wajah merupakan bagian kulit yang paling sensitif, sehingga perawatannya tidak hanya bisa dilakukan dengan produk-produk tertentu, namun juga dibantu dengan pola hidup sehat.

Langkah mengurangi kulit berminyak

Sering-seringlah membersihkan wajah. Kulit berminyak cenderung mudah untuk membuat kotoran dan debu menempel pada wajah, sehingga menimbulkan jerawat meradang. Dalam memilih produk perawatan wajah, pilihlah produk yang khusus untuk kulit berminyak, karena produk ini tidak mengandung minyak. Cobalah untuk hidup lebih sehat dengan cukup gizi, cukup tidur dan rutin berolahraga. Konsumsi banyak air putih juga terbukti bisa mengurangi minyak. Batasi mengkonsumsi cokelat, susu, durian, kacang tanah, telur, keju, santan, kerang, dan makanan berminyak. Apabila perlu, temui dokter kulit untuk konsultasi dan mendapatkan obat khusus tertentu yang bisa menanggulangi kulit berminyak.

0 komentar:

Posting Komentar

 

(c)2009 Girls Meet World. Based in Wordpress by wpthemesfree Created by Templates for Blogger