Pages

Rabu, 16 November 2011

Minum teh baik atau buruk?

Kebiasaan minum teh merupakan salah satu kebiasaan atau juga sebagai tradisi untuk beberapa suku atau bangsa. Masyarakat Jogja, terutama masyarakat lama, memiliki kebiasaan minum teh manis di pagi dan sore hari, dan untuk yang sedang bersantai,kebiasaan  minum teh  ini ditemani dengan jajanan pasar atau makanan kecil lainnya. Berbeda lagi Minum Teh  di masyarakat Sunda dan Minang. Sebagaimana kita pernah makan di restaurant Padang atau Sunda, kita selalu medapatkan satu gelas teh tawar setiap orang walaupun kita tidak memesannya. Orang-orang Jepang, Korea, dan China memiliki tradisi upacara minum teh khusus untuk suatu acara penghormatan atau acara tertentu lainnya. Orang-orang di China yang terkenal dengan obat-obatan tradisionalnya pun memasukkan  teh sebagai salah satu minuman yang berkhasiat. Teh merupakan minuman mahal untuk kalangan tertentu di Eropa pada abad 17. Sangat menarik apabila kita mendalami lagi tentang sejarah kebiasaan minum teh di masing-masing daerah atau negara.

Aneka Kebiasaan Minum Teh

Kebiasaan minum teh berbeda beda di setiap daerah. Sebenarnya banyak pilihan apabila kita akan minum teh. Di Indonesia sendiri kebiasaan minum teh hitam atau teh melati. Meskipun demikian varian teh di masing-masing daerah di Indonesia memiliki jenis yang beragam dan memiliki rasa yang khas untuk setiap daerahnya. Sumatera Barat juga memiliki rasa teh yang khas, umumnya mereka menggunakan teh vanili, sementara di Makassar terkenal dengan teh jahenya.  Negara tetangga kita, Malaysia, Singapore, Brunei, dan Thailand memiliki teh tarik, dimana teh hitam ini dicampur dengan susu dan proses pembuatannya dipindahkan bergantian dari satu gelas ke gelas lainnya, seperti proses tarik menarik. Masih ada lagi teh yang lain seperti english breakfast tea, green tea, white tea, teh modern dengan aneka cita rasa seperti teh rasa mangga, rasberry, leci, peach, cinnamon, mint, cammomile, oolong, apel, dan masih banyak lagi yang lainnya. Kita bisa menjumpai satu cafe di bilangan Kemang, Jakarta yang khusus menyuguhkan aneka macam teh,  Tea  Addict namanya.  Ada lebih dari 100 macam kreasi teh yang disediakan dan salah satu nya bukan dalam bentuk minuman namun dalam bentuk makanan. Daun teh disuguhkan untuk dimakan. Kebiasaan Minum Teh semakin dimanjakan dengan aneka cita rasanya.

Kebiasaan Minum Teh dalam kesehatan

Kebiasaan Minum Teh mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan secara umum, kesehatan mental, kesehatan jantung dan organ tubuh lainnya, penampilan, serta dapat terhindarkan dari beberapa macam penyakit. Bahkan disampaikan oleh Dr Carrie Ruxton, ahli gizi dan penulis utama penelitian tentang  teh, bahwa kebiasaan Minum Teh sebenarnya lebih baik dibandingkan dengan apabila kita minum air putih.
Meski banyak manfaat yang dimiliki oleh teh, namun tetap harus diwaspadai bahwa  teh juga kurang baik bagi kesehatan. Karena teh  dapat mengambat penyerapan zat besi di dalam tubuh, dan efek terburuknya dapat mengakibatkan anemia. . Apabila kita suka minum teh setelah makan, disarankan diberikan selisih waktu satu jam.  Kendungan kafein yang ada dalm teh dapat menyebabkan perasaan gugup, insomnia, dan denyut jantung tak beraturan, terbentuknya batu ginjal, dan pembentukan asam urat.
Segala sesuatu yang berlebihan pasti kurang bagus hasilnya. Perlu lebih mempertimbangkan sebijaksana apa kita dalam Kebiasaan Minum Teh.

0 komentar:

Posting Komentar

 

(c)2009 Girls Meet World. Based in Wordpress by wpthemesfree Created by Templates for Blogger